Demo Site

Minggu, 09 November 2014

Makalah Implementasi Algoritma dalam Mencari Lokasi Parkir Terbaik

TUGAS PENDAHULUAN
PRAKTIKUM TEKNOLOGI INFORMATIKA

IMPLEMENTASI ALGORITMA DALAM MENCARI LOKASI PARKIR TERBAIK


Disusun Oleh :
1.     Caesar Hergi        (21070114120035)
2.     DindaAyuR.                   (21070114120015)
3.     MutiaraAfie A.     (21070114120053)
4.     RestyFauzie A.     (21070114120043)

PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2014




MOTTO
1.      Hidup adalah sebuah buku. Setiap hari memiliki lembaran baru. Dengan petualangan untuk diceritakan, hal untuk dipelajari dan talenta untuk diingat. (Life is a book. Everyday has a new page. With adventures to tells, things to learn and tales to remember).
(Penulis)

2.      Kita tidak dapat menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan cara berpikir yang sama yang kita gunakan ketika menciptakannya. (We can’t solve problems by using the same kind of thinking we used when we create them).
(Albert Einstein)

3.      Pengetahuan tidaklah cukup, kita harus mengamalkannya. Niat tidaklah cukup, kita harus melakukannya.
(Johann Wolfgang von Goethe)

4.      Menidakmungkinkan sesuatu berarti menidakmungkinkan Tuhan.
(Penulis)



PERSEMBAHAN
Karya tulis yang berjudul “Implementasi Algoritma dalam Mencari Lokasi Parkir Terbaik” ini, penulis persembahkan kepada :
1.      Mama dan Papa tercinta.
2.      Koordinator laboratorium Decision Support System
3.      Koordinator asisten laboatorium Decision Support System
4.      Asisten laboatorium Decision Support System
5.      Para sahabat yang penulis kagumi.
6.      Semua orang yang sedang mencari ilmu.
7.      Keluarga teknik industri 2014
8.      Pembaca yang budiman.





                  




KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Implementasi Algoritma dalam Pemrograman” tanpa ada suatu halangan apapun.
Penulis membuat makalah ini bertujuan untuk mempelajari algoritma dan penerapannya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari manusia serta untuk menyelesaikan tugas pendahuluan teknologi informatika yang di ampuh oleh para asisten laboratorium Decision Suport System. Tak lupa penulis ucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam proses penyelesaian makalah ini sehingga penulis dapat menyelesaikan tepat pada waktunya.
Dalam makalah ini membahas mengenai pengertian algoritma dan pemrograman, jenis algoritma, dan implementasi dari algoritma. Materi tersebut kita ambil dari beberapa referansi yaitu diantaranya jurnal implementasi algoritma dalam pemrograman.
Namun dalam pembuatan makalah ini penulis merasa masih banyak yang kurang dari makalah yang sudah jadi sehingga penulis membutuhkan saran dan kritik yang sangat membangun, sehingga untuk kedepannya dapat lebih baik dalam pembuatan makalah.

Semarang, 9 November 2014
Penulis


DAFTAR ISI
           
Motto................................................................................................................  ii
Persembahan .................................................................................................... iii
Kata Pengantar ................................................................................................  iv
Daftar Isi ..........................................................................................................  v
Bab I Pendahuluan...........................................................................................  1
1.1 Latar Belakang Masalah..................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah.............................................................................. 1
1.3 Tujuan Penulisan................................................................................ 1
Bab II Pembahasan .......................................................................................... 2
2.1 Pengertian Algoritma  ...................................................................... 3
2.2 Pengertian Pemrograman ................................................................. 5
2.3 Flowchart ......................................................................................... 6
2.4 Implementasi Algoritma....................................................................7
BAB IIIPENUTUP..........................................................................................  9
3.1 Simpulan............................................................................................ 9
3.2 Saran.................................................................................................. 9
DAFTAR PUSTAKA...................................................................................... vi


                                                                            BAB I                     
PENDAHULUAN
I.                   Latar belakang
Pesatnya perkembangan teknologi khususnya pada bidang informatika menimbulkan masalah baru pada umat manusia. Banyaknya masalah yang timbul diantaranya karena semakin kompleks dan beragamnya  elemen-elemen kehidupan manusia.Manusia mulai dari anak-anak hingga dewasa pasti mendapatkan masalah dan semakin lama akan semakin kompleks bentuknya. Dalam konteks ini manusia perlu belajar memecahkannya  dengan teknologi yang berkembang begitu pesat. Pemecahan dari setiap masalah yang timbul dalam bidang teknologi informatika antara lain mengatasi masalah menggunakan berbagai jenis algoritma serta penunjang pemrograman.
Algoritma dan Pemrogaman yang diciptakan manusia tidak hanya berfungsi sebagai pemecah beberapa masalah yang dihadapi manusia, juga bisa dikembangkan sebagai penunjang  kehidupan manusia. Maka dari itu, pemahaman serta implementasi dari algoritma dan pemrograman untuk manusia akan dipaparkan selanjutnya dalam makalah ini.

II.                Rumusan Masalah
1)      Bagaimana penjelasan algoritma dan pemrograman ?
2)      Bagaimana penjelasan dari jenis-jenis algoritma ?
3)      Bagaimana implementasi dari algoritma ?

III.             Tujuan
1)      Mempelajari secara umum mengenai aplikasi dari pembelajaran algoritma dalam pemrograman.
2)      Mempelajari dan mendalami secara khusus mengenai jenis algoritma yang akan digunakan.
3)      Membantu menyelesaikan malasah-masalah yang terjadi dalam kehidupan keseharian manusia dengan implementasi algoritma
4)      Memenuhi tugas makalah mengenai implementasi algoritma dalam pemrograman.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Pengertian Algoritma
Manusia sering menggunakan algoritma untuk memecahkan masalah dan membantu aktifitas tetapi kebanyakan dari mereka kurang memahami apa itu Kata algoritma diambil dari kata algorism yang berarti menghitung dengan arab. Jika algorist berarti orang yang menghitung dengan arab. Algoritma merupakan langkah-langkah untuk mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah secara logis dan sistematis dalam bentuk kalimat.Algoritma akan digunakan untuk menciptakan suatu program melalui sistematika lambang yang disebut bahasa pemrograman. Intinya program disusun atas bahasa pemrograman dengan algoritma.
Ada tiga cara membuat algoritma yaitu dengan menyusun dengan sistematis dan logis pemecahan masalah, menggabungkan antara kalimat dan potongan dari bahasa pemrograman atau biasa yang disebut pseucode dan yang ketiga adalah menggunakan diagram alir.
(Rendi,2013)

1.      Jenis Jenis Algoritma
a.       Branch and Bound
Merupakan metode yang digunakan untuk mencari solusi optimal dari optimasi masalah dengan pencacahan sistematis semua solusi kandidat yang memiliki himpunan besar dan calon himpunan sia-sia dibuang secara massal lewat perkiraan batas atas dan batas bawah.
b.      Dynamic Programming
Merupakan paradigma yang digunakan bila suatu masalah memiliki sub struktur yang optimal dengan beberapa permasalahan yang tumpang tindih. Oleh karena itu, paradigma  mencoba membagi permasalahn menjadi sub permasalahan.
c.       Divide and Conquer
Paradigma ini membagi masalah dari yang besar menjadi masalah yang lebih kecil secara terus menerus hingga masalah tersebut menemukan penyelesaian. Dengan kata lain mencari permasalahan paling kecil untuk memecahkan masalah terbesar.
d.      Sistem flowchart
Paradigma dengan menggunakan simbol simbol tertentu yang masing masing memiliki makna untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Berbentuk seperti bagan yang memiliki arus.
e.       Pseudo code
Jenis algoritma yang ditulis secara bahasa namun bukan bagian dari bahasa yang dimengerti oleh komputer. Dengan kata lain, Pseudocode merupakan algoritma yang dibuat tanpa aturan dan diperuntukkan hanya untuk sesama manusia agar lebih mudah dipahami.
f.       Greedy
Paradigma yang dibuat untuk tidak diketahui bagian submasalah dalam setiap tahapnya hingga mirip denga pemrograman dinamik.
g.      Kompresi Data
Algoritma dengan pemadatan data agar ruang yang digunakan untuk memperkecil data untuk efisiensi dalam menyimpannya sehingga pertukaran semakin cepat.
h.      Backtracking
Jenis algoritma yang memiliki cara perbaikan dari pendekatan kekerasan, bersifat solutif dari segala masalah yang tersedia.
(Alfiandi, 2011)
            Algoritma memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.      Memiliki awal dan akhir
2.      Memiliki runtutan, isi dan kode yang bisa dipahami oleh manusia
3.      Tiap alurnya memiliki arti yang jelas sehingga tidak menimbulkan pengertian ganda.
4.      Memiliki output dan Input
5.      Bentuknya efektif disesuaikan dengan metode dan jenis yang paling sesuai.
(Awalet and others, 2013)

Algoritma memiliki struktur :
1.      Kepala algoritma
Memuat nama algoritma serta segala jenis keterangan yang terdapat dalam algoritma.
2.      Bagian Deklarasi Variabel
Berisi tentang berbaga jenis variabel, nama proses, nama fungsi yang akan digunakan oleh algoritma
3.      Bagian Deskripsi dan langkah Variabel
Bagian ini berisi tentang langkah-langkah yang akan digunakan oleh variabel, penjelasan proses dari algoritma           
(Awalet and others, 2013)

2.2  Pengertian Pemrograman
Pemrograman adalah rangkaian yang sistematis yang dituangkan dalam bahasa pemrograman agar perintah dapat dipahami dan dijalankan oleh mesin komputer. Sekilas pemrograman dan algoritma hampir sama, perbedaannya pemrograman sudah dalam bentuk bahasa pemrograman, sedangkan algoritma masih berupa rangkaian biasa tanpa bahasa pemrograman. Pasti pemrograman dilakukan untuk membuat program yang memiliki fungsi dan peran yang sesuai keinginan pembuat.
(Awalet and others, 2013)

Hubungan antara pemrograman, komputer, algoritma dan bahasa pemrograman
1.      Pemrograman merupakan algoritma yang sudah ditransformasikan dengan bahasa pemrograman
2.      Bahasa pemrograman berfungsi agar algoritma mampu dipahami oleh komputer.
3.      Pemrograman akan menjalankan komputer sesuai intruksi yang dibuat melalui flowchart.
4.      Runtutan instruksi dibuat yaitu algoritma ditransformasikan oleh bahasa pemrograman menjadi pemrograman yang selanjutnya instruksi tersebut mampu dipahami dan dikerjakan oleh mesin yang disebut komputer.
(Awalet and others, 2013)

2.3  Flowchart
Flowchart merupakan prosedur atau langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah berupa grafik dan simbol-simbol tertentu. flowchart biasa digunakan untuk mempermudah dalam penyelesaian suatu masalah.


 Simbol-simbol yang ada dalam flowchart :
Nama
Simbol
Kegunaan
1.      Flow direction symbol

Simbol penghubung antara simbol satu dengan simbol lain
2.      Processing symbol

Simbol pengolahan data pada komputer
3.      Simbol decision

Simbol untuk pemilihan suatu keputusan ya/tidak
4.      Simbol konektor

Simbol yang menghubungkan antara lembar yang sama
5.      Simbol terminal 
Simbol untuk permulaan dan akhir
6.     Simbol input-output

Simbol untuk menyatakan input output

(Rahman, 2012 )
2.4  Implementasi Algoritma
Banyak penerapan algoritma untuk menyelesaikan suatu pekerjaan salah satunya yaitu dalam menacri lokasi parkir terbaik. Sering kali kita menghabiskan waktu hanya unutk mencari parkir. Maka dari itu dibuatlah program ini untuk mengefisienkan waktu. Dalam menyelesaikan masalah ini kita dapat  menggunakan perpaduan Logika Fuzzy dan Algoritma Best Fit.
Sebuah lokasi dengan area parkir yanng banyak memiliki parameter-parameter yang digunakan sebagai pertimbangan pengambilan keputusan untuk menentukan akan diparkir dimana mobil tersebut. Untuk itu, digunakanlah Logika Fuzzy untuk mengolah input. Input yang digunakan oleh Fuzzy berasal dari skala fungsi keanggotaan yang dijadikan sebagai parameter yaitu parameter panjang jarak antar area dan kepadatan area. Melalui peta diperoleh jaringan area parkir yang saling terhubung lalu dibuat fungsi keanggotaannya.
Pada suatu lokasi parkir terdapat node area awal sampai node area akhir dimana masing-masing node terdapat nilai jarak area dan kepadatan yang dilambangkan dengan huruf.
A.    Fungsi Keanggotaan Jarak Area
Fungsi ini menggambarkan derajat keanggotaan yang dimiliki oleh jarak area parkir yaitu dekat, agak dekat, agak jauh dan jauh dan masing-masing memiliki fungsi linear sendiri-sendiri.
B.     Fungsi Keanggotaan Kepadatan Area
Fungsi ini menggambarkan derajat keanggotaan yang dimiliki oleh kepadatan area parkir yaitu longgar, padat dan penuh.

Ada satu parameter lagi yang digunakan yaitu bobot kendaraan berkenaan dengan penempatannya dalam suatu lahan parkir. Ada 3 derajat keanggotaan yang membedakan yaitu ukuran kecil (contoh: jeni sedan dan city car), ukuran sedang (contoh: jenis minibus), ukuran besar (contoh: bus, truk). Kali ini digunakanlah Algoritma Best Fit. Alur dari Algoritma Best Fit adalah penempatan data pada array dimana bobot index array sama dengan bobot data. Jika telah terisi penuh, maka data akan di masukkan ke dalam array dengan bobot setingkat lebih besar. Proses ini berulang sampai seluruh array terisi.
Setelah mendapat variabel dari parameter, muncul rule evaluation. Alurnya sebagai berikut, pertama mencari nilai terkecil oleh tiap node area. Maka dari itu digunakanlah operator logika Fuzzy “AND” sebagai operator dalam mengolah nilai keanggotaan. Sehingga pembacaan rule menjadi “ IF Jarak Area (J) AND Kepadataan (K) THEN Node Area (O)”. Setelah hasil keluar maka didapatkan node are yang disarankan. Kemudian dengan algoritma Best Fit, bobot slot dibandingkan dengan bobot kendaraan yang akan dimasukkan ke dalamnya. Bila jika slot yang seukuran telah penuh, maka kendaraan akan ditempatkan pada slot yang berada satu tingkat diatasnya.




BAB III
PENUTUPAN
3.1  Kesimpulan
Pemrograman adalah rangkaian yang sistematis yang dituangkan dalam bahasa pemrograman agar perintah dapat dipahami dan dijalankan oleh mesin komputer untuk menyelesaikan suatu masalah. Urutan dalam penyelesaian masalah tersebut disebut algoritma. Maka dari itu algoritma sering digunakan dalam kehidupan nyata. Salah satu contoh penggunaannya adalah dalam mencari lokasi parkir terbaik, sehingga tidak membuang waktu hanya untuk mencari lokasi parkir.

3.2  Saran
1.      Untuk memperbaiki sistem, dibutuhkan sistem tambahan yang relevan berupa pendeteksi penempatan dalam slot.
2.      Untuk penunjang kenyamanan bagi pengguna parkir seperti sistem notifikasi yang baik kepada pengguna.
3.      Untuk lebih meningkatkan keefisienan, hendaknya sistem ini dibangun secara client-server agar proses penentuan lokasi bisa berjalan dengan realtime.





DAFTAR PUSTAKA


0 komentar:

Posting Komentar